Organisasi Internasional


  •       ASEAN (Association of South East Asian Nations)
ASEAN terbentuk pada 8 Agustus 1967. Asas terbentuknya ASEAN adalah untuk mewujudkan cita-cita perdamaian, kemerdekaan, keadilan social dan kesejahteraan selain itu untuk untuk mewujudkan stabilitas ekonomi dan social demi terjaminnya cita-cita rakyat dan bangsa serta adanya kepentingan dan masala-masalah di kalangan bangsa-bangsa Asia Tenggara dalam rangka memperkokoh solidaritas regional dan kerja sama yang ada.
  •       Konferensi Asia Afrika (KAA)
Latar belakang lahirnya KAA karena bangsa Asia-Afrika sedang dilanda kekhawatiran akibat makin dikembangkannya senjata nuklir yang dapat memusnahkan umat manusia, selain itu juga karena tidak berakhirnya situasi permusuhan di antara bangsa-bangsa di dunia akibat Perang Dunia II. Tujuan dibentuknya KAA untuk memajukan kehendak luhur (goodwill) dan kerja sama antarbangsa-bangsa, mempertimbangkan soal-soal serta hubungan-hubungan di lapangan social, mempertimbangkan soal-soal yang  erupa kepentingan khusus bangsa-bangsa Asia-Afrika, serta meninjau kedudukan Asia dan Afrika.
  •       Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
Piagam PBB disahkan oleh parlemen masing-masing Negara setelah Perang Dunia II berakhir dengan menyerahnya Jerman Fasis kepada sekutu tanggal 7 Mei 1945 dan menyusul Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu tanggal 15 Agustus 1945. Tujuan PBB untuk memelihara perdamaian dan keamanan internasional, memajukan hubungan persahabatan antarbangsa dengan menghormati hak menentukan nasib sendiri, menciptakan kerja sama dalam memecahkan permasalahan internasional, serta menjadikan PBB sebagai pusat kegiatan dalam mewujudkan tujuan dan cita-cita bersama.



Sumber: M, Hasim. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Quadra

0 komentar:

Posting Komentar