Jika Air Terbuat dari Hidrogen dan Oksigen, Mengapa Kita Tidak Dapat Bernapas di Dalam Air ?

Tentu kita ingat satu hal tentang bahan-bahan kimia, saat mereka bereaksi dalam jalur tertentu, mereka membentuk senyawa yang sama sekali berbeda dengan elemen-elemen asalnya. Sebagai contoh, jika kita mereaksikan karbon dengan hidrogen dan oksigen secara bersamaan dapat memperoleh glukosa (C6H12O6) atau dengan reaksi yang lain diperoleh cuka (C2H4O2) atau etanol (C2H5OH).
            Pada kasus gas hydrogen atau oksigen, jika kita mereaksikannya secara bersamaan dengan cara tertentu diperoleh cairan air (H2O). Alasan kita tidak dapat menghirup cairan di air adalah oksigen digunakan untuk mengikat dua atom hydrogen sehingga terbentuk cairan, dan kita tidak dapat menghirup cairan tersebut. Oksigen tidak berguna bagi kita dalam bentuk seperti itu.
Alasan kedua kita tidak dapat bernapas di air adalah paru-paru ,kita tidak memiliki luas permukaan yang cukup untuk mengisap oksigen secukupnya dari air. Juga lapisan yang melapisi paru-paru kita lebih teradaptasi untuk menggunakan udara daripada air. Meski begitu, telah dilakukan beberapa percobaan pernapasan manusia menggunakan cairan yang lain, seperti fluorocarbon. Fluorocarbon dapat melarutkan oksigen yang cukup dan paru-paru kita dapat mengambil gas oksigen (O2) tersebut.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wow benar...guru gua.gua kasih liat ginian dia bilang bener gan makasih

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar