Valuable Experience

Ceritakan tentang penderitaan yang pernah kamu/orang sekitar kamu alami !

     Saat itu ada seorang remaja yang mengalami sesuatu yang tak terduga, kita sebut saja I. Mungkin itulah kejadian yang paling ditakuti oleh setiap orang kepada orang yang paling disayangi. Saat ia masih duduk di bangku SMP, ia mengalami kejadian yang cukup memilukan. Ia kehilangan ayahnya yang sangat disayangi. Ayahnya menghadap Allah SWT di umur ia yang mungkin bisa dibilang masih kecil yang belum mengerti banyak tentang kehidupan. Kejadian ini terjadi tepat seminggu sebelum ia pengumuman kelulusan Ujian Nasional SMP. Menurut dokter, ayahnya meninggal karena terkena serangan jantung. Tetapi seminggu sebelumnya ayahnya sempat divonis dokter terkena stroke ringan yang membuat beberapa organ badannya tidak berfungsi. Setelah beberapa hari, akhirnya ayahnya sembuh dari stroke ringan tersebut walaupun masih ada beberapa organ yang belum berfungsi seperti biasanya. Tapi sungguh tidak disangka, ternyata saat ayahnya sembuh ayahnya justru dipanggil Allah. Saat itu semua keluarga sungguh tidak percaya. Air mata sedih mengalir deras dari keluarga. Ia pun menangis sedih dan tak menyangka, saat itu ia seperti tidak sadar dan seakan-akan ini hanya mimpi buruk yang tidak ingin terjadi secepat ini. Kakak laki-lakinya pun menangis, tapi ada satu sosok tegar yang membuat keluarga kuat. Yaitu sang Ibu yang tak terlihat mengeluarkan air mata sedikit pun mencoba tegar di depan keluarga walaupun mungkin hatinya menangis. Walaupun Ibunya terlihat shock, tetapi ia tidak terlihat lemah. Ibunya pun yang mengatur semuanya, mulai dari pemandian jenazah, pemakaman, tahlilan sampai menerima pelayat yang memberi ucapan duka. Begitu terharunya ia melihat ini dan mencoba kuat karena hal ini. Namun dibalik semua ini ada sesuatu hal yang mungkin untuk orang umum tidak logis, karena meninggalnya ayahnya juga karena kejadian mistis yang sudah dialami sendiri oleh keluarga. Walaupun agak tidak rasional tapi keluarga tetap mengupayakan ayahnya untuk sembuh di jalan yang benar yang sesuai agama Islam dan tidak sama sekali mengandung hal Syirik (hal yang menduakan Allah seperti ke dukun). Ini terjadi karena konflik keluarga yang dialami yang berhubungan dengan keluarga dari pihak ayahnya. Sungguh ironi kejadian ini dan membuat ia merasa amat sangat terpuluk. Berbagai upaya sudah dilakukan untuk menyembuhkan ayahnya dari kejadian aneh tersebut, tapi apa daya mungkin Allah lebih sayang kepada hambanya dan tidak ingin hambanya menderita di dunia sehingga ayahnya dipanggil lebih cepat.
     Beberapa hari baru dilalui I  dengan suasana yang beda tanpa seorang ayah. Ini cukup berat untuk ia, di setiap malam minggu-minggu awal meninggalnya ayahnya ia menangis sebelum ia tidur. Tapi ia tidak pernah menunjukkan hal ini kepada ibunya. Ia tidak sampai hati kalau melihat ibunya sedih karena melihat ia menangis. Awalnya terasa sangat berat tetapi tahun demi tahun dilaluinya dan ia mulai menerima hal itu dengan sabar dan ikhlas, dan ia menggangap bahwa ini adalah jalan terbaik yang Allah telah rencanakan dan Allah selalu memberi yang terbaik untuk setiap umatnya. Dan setiap kejadian pasti ada hikmahnya.


*Saya sengaja tidak menyebutkan identitas orang tersebut karena menurut saya ini merupakan hal privasi. Untuk itu harap dimaklumi karena hanya memakai inisial, tetapi ini sungguh KEJADIAN NYATA.*
Terimakasih  ! ! !

0 komentar:

Posting Komentar