Keadilan

Bagaimanakah sikap dan pendapat anda mengenai kasus-kasus keadilan yang banyak terjadi di sekitar kita ?

     Menurut saya, keadilan di negeri ini sudah tidak sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku padahal negeri ini adalah NEGARA HUKUM. Banyak kasus-kasus hukum yang ditangani tidak sesuai dengan sanksinya. Kasus KORUPSI adalah hal yang paling terkenal di negeri ini. Sebagian besar para anggota instansi pemerintah melakukan kecurangan itu. Bahkan kasus itu tidak lagi mengenal jabatan seperti zaman-zaman dahulu, pegawai negeri salah satu instansi pemerintahan yang berjabatan/golongan biasa saja bisa melakukan tindak korupsi itu hingga menghasilkan bermilyar-milyar rupiah mendapatkan hukuman yang ringan bagi seorang koruptor. Sedangkan pencuri ayam/pencopet yang mungkin paling maksimal hanya mendapat jutaan rupiah mendapat hukuman yang sama atau mungkin lebih dari seorang koruptor yang bisa mencuri bermilyar-milyar rupiah uang rakyat. Sungguh ironi negeri ini, hukum tidak lagi bisa memilih yang mana yang benar dan yang mana yang salah.
     Mungkin juga karena banyak azas-azas praduga tak bersalah yang disalah artikan oleh sekelompok orang yang membuat hukum di negeri ini hancur. Dan disaat hukum mulai kembali ditegakkan masih ada saja sekelompok orang yang menfaatkannya. Seperti beberapa kasus, ada beberapa tawanan penjara yang berhasil keluar dari penjaranya dengan menyuap para penjaga tentara hanya untuk sekedar liburan atau bersenang-senang. Padahal jelas mereka sedang ditahan dan masih dalam masa tahanan.
Dengan kejadian-kejadian seperti itu apakah masih layak negeri ini disebut Negara Hukum dengan keboborokan hukum yang sudah jelas terlihat.
     Untuk itu, sebagai generasi yang akan datang kita perlu memikirkan hal-hal seperti ini agar di kehidupan mendatang negeri ini bisa menjadi negeri yang lebih baik. Negeri maju yang cinta damai dan tenteram.

0 komentar:

Posting Komentar